Salah Satu Macam Alergi Yang Harus Diwaspadai: Alergi Obat

Alergi obat merupakan salah satu macam alergi yang diderita oleh masyarakat, tidak hanya di Indonesia namun juga di luar negeri. Reaksi alergi terhadap obat merupakan salah satu reaksi abnormal akibat sistem kekebalan tubuh yang menganggap obat-obatan tertentu sebagai hal berbahaya. Padahal obat yang dikonsumsi tentunya memiliki tujuan yang baik, yaitu untuk menyembuhkan sakit yang diderita. Jenis obat-obatan yang kerap menyebabkan alergi tidak terbatas pada obat resep saja, namun juga dapat berupa obat bebas dan juga obat herbal. Jadi ketika anda memiliki alergi terhadap obat atau zat aktif tertentu, anda harus berhati-hati sebelum mengkonsumsi obat karena setiap obat biasanya mengandung lebih dari satu jenis zat aktif. Sebaiknya anda selalu membaca komposisi zat aktif yang terkandung dalam suatu obat.


Alergi terhadap obat dapat mempengaruhi tubuh dengan cara yang berbeda-beda. Jadi reaksi yang muncul akibat salah satu macam alergi ini berbeda antar individu. Namun gejala yang paling umum terjadi akibat alergi obat adalah demam, gatal-gatal disekujur tubuh, ruam dan juga syok anafilaksis yang merupakan reaksi alergi yang parah seperti tekanan darah drop secara tiba-tiba, saluran pernapasan menyempit akibat pembengkakan sehingga kesulitan untuk bernapas dan lain sebagainya yang dapat membahayakan jiwa. Perlu anda ketahui jika reaksi alergi obat yang muncul berbeda dengan efek samping akibat mengkonsumsi obat. Anda harus dapat membedakan Antara reaksi alergi, efek samping obat dan juga overdosis obat (mengkonsumsi obat melebihi dosis yang dianjurkan). Dengan mengenal ketiga jenis reaksi-reaksi yang muncul tersebut, anda dapat terhindar dari kesalahan dalam penanganan.

Alergi obat sendiri adalah suatu reaksi alergi yang muncul ketika mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Menurut organisasi alergi dunia, alergi obat merupakan salah satu dari berbagai macam alergi di dunia yang hanya terjadi 3-5% dari total kasus alergi di dunia. Bahkan ketika ditelisik lebih dalam, sebenarnya lebih dari 90% kasus alergi obat yang ada bukan disebabkan oleh obat namun oleh hal lainnya. 

Lalu jika anda bertanya, apakah alergi obat berbahaya? Sebenarnya untuk semua macam alergi termasuk alergi obat, reaksi yang muncul dapat berupa reaksi ringan hingga berat. Yang membedakan alergi obat dengan alergi lainnya adalah bahwa anda hanya memiliki pilihan obat yang terbatas untuk menyembuhkan sakit yang anda derita. Ketika pilihan obat menjadi terbatas, maka anda bisa jadi kesulitan untuk mendapatkan obat yang bisa anda konsumsi dengan aman atau kesulitan untuk mendapatkan obat dengan harga yang murah. Misalnya saja anda memiliki alergi terhadap antibiotik amoksisilin. Maka ketika anda sakit, anda harus menghindari penggunaan amoksisilin dan menggantinya dengan jenis antibiotik lainnya yang memiliki fungsi sama. Akan tetapi bisa saja pilihan antibiotik yang ada merupakan antibiotik yang memiliki efek samping lebih besar daripada amoksisilin. Dan anda pun harus menyediakan list obat-obatan yang tidak dapat anda konsumsi di dalam dompet anda, sehingga ketika terjadi sesuatu yang urgent dan anda dalam keadaan tidak sadarkan diri, anda bisa mendapatkan perawatan yang tepat karena unit pelayanan kesehatan sudah mengetahui obat-obatan yang dapat anda konsumsi dan yang tidak dapat dikonsumsi sehingga dapat menghindari munculnya reaksi alergi. 
 
Alergi obat dapat menyerang siapa saja dan tidak terbatas pada kalangan tertentu saja. Namun sayangnya belum ada cara yang pasti untuk mengetahui siapa-siapa saja yang memiliki alergi terhadap obat. Tentunya tidak mungkin menguji semua jenis obat kepada satu orang saja untuk mendeteksi orang tersebut memiliki alergi terhadap obat jenis apa. Maka dari itulah biasanya orang-orang yang memiliki alergi obat baru mengetahui jenis obat yang tidak dapat dikonsumsi setelah mereka mengkonsumsi obat tersebut. Salah satu macam alergi ini memang lebih kompleks bila dibandingkan dengan jenis alergi lainnya. Maka dari itu sebaiknya anda selalu memperhatikan tanda-tanda atau gejala yang muncul setiap anda mengkonsumsi suatu obat. Perhatikan apakah gejala tersebut merupakan salah satu bentuk dari efek samping obat atau berupa reaksi alergi, terutama jika di keluarga anda terdapat riwayat alergi, entah dari orang tua atau sanak keluarga lainnya.

Gejala-gejala alergi terhadap obat yang wajib anda waspadai selama 1 jam setelah mengkonsumsi obat adalah sebagai berikut.

1.       Demam
2.       Bengkak pada area tertentu di tubuh
3.       Gatal-gatal di sekujur tubuh atau hanya di area tertentu
4.       Sesak napas
5.       Ketika bernapas terdengar bunyi mengi
6.       Hidung berair dan terasa gatal
7.       Mata terasa gatal dan berair

Sedangkan reaksi alergi terhadap obat yang harus anda waspadai dan berikan perhatian khusus adalah sebagai berikut.

1.       Saluran napas menyempit sehingga sulit bernapas
2.       Detak jantung menjadi lebih cepat
3.       Rasa gelisah dan juga pusing
Pingsan/ hilang kesadaran
Latest


EmoticonEmoticon