Beberapa Pilihan Cara Bayar PDAM

Air adalah salah satu kebutuhan manusia yang paling vital. Anda tidak akan bisa hidup tanpa air setiap hari karena air digunakan di banyak aspek. Indonesia memiliki perusahaan yang tugasnya adalah mensupply kebutuhan air bersih bagi masyarakat Indonesia. Perusahaan itu bernama PDAM dan setiap bulan Anda harus bayar PDAM sesuai dengan besaran jumlah air yang Anda telah gunakan. Dulu, setiap kali konsumen harus membayar tagihan PDAM maka harus antri langsung di kantor dan ini memakan waktu yang sangat lama terlebih jika Anda harus meluangkan waktu di sela pekerjaan dan kesibukan lainnya maka tentu saja sangat tidak praktis.


Sekarang Anda sudah bisa bayar PDAM dengan beberapa pilihan yang bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika ingin pembayaran lebih cepat maka bisa dengan system online. Dengan online bisa menggunakan beberapa pilihan yaitu dengan menggunakan mesin ATM bank seperti Bank Mandiri, BRI atau bank lainnya. Selain itu bisa juga membayar di agen yang menggunakan softwer PPOB sekaligus untuk membayar listrik dan lainnya. Atau Anda bisa dengan membayar langsung melalui situs resminya. Masing-masing PDAM daerah memiliki situs website sendiri yang bisa disesuaikan dengan tempat Anda tinggal.


Bayar PDAM Lebih Praktis Sekarang

Ada beberapa pilihan cara bayar PDAM yang bisa Anda lakukan saat ini setiap bulannya. Sistem bayar online diciptakan sehingga Anda bisa membayar kapan saja tanpa terhalang jarak dan waktu. Berikut beberapa pilihan cara bayar yang bisa disesuaikan dengan keinginan Anda:
  • Membayar melalui rekening bank tertentu menggunakan mesin ATM selama 24 jam
  • Membayar melalui auto debet credit card yang Anda miliki di tanggal yang sama setiap bulan
  • Melakukan proses bayar PDAM melewati supermarket berjejaring yang ada di Indonesia
  • Menyelesaikan proses pembayaran di kantor PDAM yang ada di kota tinggal Anda.
Untuk bisa melakukan pembayaran maka terlebih dahulu Anda harus tahu kode langganan PDAM yang Anda miliki. Untuk membayar tagihan air setiap bulannya memang membutuhkan kode tersebut. Tanpa kode itu maka pembayaran online tidak bisa diproses. Untuk mencari tahu kode langganan bisa dilakukan melalui SMS dengan cara mengetik KODEPDAMNAMAPDAM (contoh: KODEPDAM PALEMBANG) lalu setelah itu kirim SMS ke 3346. Jika Anda berencana membayar melalui supermarket jejaring, ATM atau lewat agen PPOB maka pastikan selesai membayar Anda mendapatkan struk bukti bayar PDAM yang sah. Tujuannya adalah sebagai alat bukti bayar ketika mungkin ada system error atau trouble dengan program online yang ada. Dengan begitu disaat Anda sudah membayar dan ada buktinya namun tercacat menunggak karena system error Anda memiliki bukti sah yang kuat.

Pastikan Anda selalu bayar PDAM sesuai dengan tanggal jatuh tempo sehingga tagihan tidak menumpuk atau menunggak. Namun jika Anda sudah terlanjur memiliki tunggakan bisa melakukan pengecekan langsung ke kantor PDAM di tempat tinggal Anda dan menyelesaikan prosesnya disana. Untuk pengecekan tunggakan sebenarnya juga bisa diselesaikan melalui supermarket berjejaring namun memang Anda harus benar-benar memastikan. Ketika memang sudah akan membayar maka sebaiknya memang Anda menyelesaikan semua kewajiban sehingga bulan berikutnya akan lebih ringan. Jika dirasa jumlah yang harus dibayar terlalu besar maka cek langsung di meteran PDAM yang ada di rumah Anda apakah berputar terlalu cepat sehingga tidak sesuai dengan jumlah air yang dipakai atau bagaimana.


EmoticonEmoticon