Mengelola Keuangan Pada Toko Online

Toko online atau perdagangan secara elektronik adalah jenis kegiatan jual beli yang dilakukan secara online, atau melalui internet. Dengan munculnya perkembangan teknologi informasi dan juga software maka kegiatan jual beli tradisional pun, pembayarannya mungkin dilakukan dengan cara elektronik.

Ada beberapa contoh pembayaran yang biasanya dilakukan oleh sebuah online shop, diantaranya yaitu sebagai berikut menerima pembayaran secara kartu kredit untuk jenis transaksi yang dilakukan secara online, menghasilkan pendapatan dari online shop tersebut, adanya pertukaran saham melalui broker online, dan adanya penyaluran informasi pada suatu perusahaan melalui internet.


Cara Mengelola Keungan Dari Shop Online yang Anda Miliki

Sama dengan bisnis pada umumnya online shop juga memerlukan sistem keuangan yang tepat, agar anda bisa memantau kinerja dari online shop Anda tersebut. Maka dari itu Anda harus menggunakan suatu aplikasi keuangan tertentu. Tetapi sayangnya kebanyakan online shop tidak memiliki fitur yang lengkap seperti aplikasi akuntansi.

Dashboard di online shop pada umumnya biasanya hanya memiliki data penjualan, konsumen dan persediaan barang online. Sementara dashboard tersebut biasanya tidak akan mencatat data seperti hutang, persediaan barang, dan juga aset dan ketersediaan aset lainnya. Oleh karena itu anda harus mengintergrasikan data tersebut ke dalam aplikasi keuangan.

Tujuan dari dibuatnya aplikasi keuangan tersebut adalah agar anda memiliki data offline, yang memiliki fitur akuntansi selengkap yang dimiliki oleh aplikasi akuntansi lainnya. Karena kalaupun ada, harganya pasti tidak akan murah. Karena biasanya aplikasi seperti itu mengharuskan Anda berlangganan dari waktu ke waktu, misalnya saja secara bulanan.

Bagi seorang pemula yang ingin mendirikan sebuah online shop, sebaiknya anda tidak mengeluarkan biaya atau modal yang tidak terlalu besar. Karena transaksi online yang dilakukan oleh para pengunjung toko, belum memiliki keharusan dalam menggunakan aplikasi tersebut. tetapi anda masih bisa menggunakan beberapa alternatif aplikasi keuangan offline.

Anda juga bisa mendownload data dashboard online shop Anda dengan rutin, lalu kemudian memasukkan data tersebut ke dalam aplikasi keuangan. Hal ini bisa anda lakukan dengan baik dengan cara mengimpor langsung, ke dalam aplikasi atau melakukan posting transaksi satu per satu. Namun hal itu tetap tergantung pada aplikasi keuangan anda apakah memiliki fitur impor atau tidak.

Masih ada lagi cara lainnya dalam mengelola keuangan online shop yang Anda miliki, yaitu dengan cara menggunakan Microsoft Office atau Open Office. Di sana ada berbagai jenis template Excel yang dapat anda gunakan, untuk mengelola data keuangan anda dengan baik. Template tersebut mungkin akan perlu dimodifikasi untuk memudahkan anda.

Dalam melakukan impor secara rutin data yang telah anda download, dari dashboard ke dalam toko online anda. Apapun alat yang anda gunakan, sebaiknya anda memiliki sebuah pngetahuan dasar mengenai akuntansi. Sehingga anda bisa melakukan analisa kinerja dari shop online anda, tetapi sebenarnya tidaklah cukup dengan hanya melihat kinerja shop online anda saja.

Karena anda juga memerlukan pengecekan terhadap jumlah persediaan barang, hutang, ketersediaan kas, piutang, dan juga asset anda. 

Jenis Payment Dalam Toko Online

Di dalam menjalankan sebuah bisnis online, Anda juga tetap harus memerhatikan bagaiamana cara pembayaran atas transaksi yang dilakukan. Kini dengan kecanggihan zaman dan teknologi, ada banyak sistem pembayaran yang telah menggunakan fitur dan fungsi yang berbeda-beda. Secara umum payment gateway adalah, layanan aplikasi pada sebuah online shop.

Jenis layanan aplikasi tersebut mengotorisasikan kartu kredit dan juga debit, dalam pembayaran transaksi apapun.
Latest


EmoticonEmoticon