Peraturan-peraturan yang Harus Diperhatikan Saat Berkendara di Jakarta

Berkendara di Jakarta seringkali memberikan suka duka tersendiri bagi para pengendara kendaraan bermotor. Mulai dari kondisi jalanan yang seringkali macet hingga gagal mengejar sunset in Jakarta sampai kondisi jalanan yang nyaman karena pilihan ruas jalan yang beragam. Akan tetapi, berkendara di jalanan Jakarta juga bukanlah tanpa peraturan. Karena, ada beberapa peraturan yang harus Anda perhatikan agar tidak terkena denda tilang pasal 287. Berikut ini beberapa diantaranya :


Peraturan ganjil genap

Salah satu peraturan yang cukup baru dan dirasa sangat efektif untuk menekan angka kemacetan di Jakarta adalah ganjil genap. Peraturan ini mengharuskan mobil berplat ganjil untuk melintas di tanggal ganjil dan mobil berplat genap di tanggal genap. Peraturan ini perlu diperhatikan secara seksama oleh para pengemudi mobil yang ingin melintas di beberapa ruas jalan tertentu. Sebab, apabila Anda tidak mengindahkan peraturan ini, maka bersiaplah untuk terkena denda tilang yang akan merugikan Anda.

Jalur khusus mobil

Selain peraturan ganjil genap, perhatikan juga jalur khusus mobil. Ya, di beberapa ruas jalan di Jakarta terdapat beberapa ruas jalan yang diperuntukkan khusus untuk mobil. Jalanan tersebut umumnya bukanlah jalan tol dan diperuntukkan bagi mobil karena berbagai sebab. Oleh karena itu, jika Anda berkendara dengan sepeda motor, perhatikan beberapa ruas yang dikhususkan untuk mobil dengan memperhatikan rambu lalu lintas yang tertera.

Jalan satu arah

Peraturan berikutnya di jalanan yang perlu Anda perhatikan adalah jalan satu arah. Di beberapa ruas jalanan di Jakarta, dibuat jalan satu arah untuk membuat arus kendaraan menjadi lebih cair. Adanya jalan satu arah tentu perlu diperhatikan betul. Karena, ketika Anda melawan arus maka potensi kecelakaan akan sangat besar terjadi. Sehingga, perhatikan rambu-rambu lalu lintas yang ada agar Anda terhindar dari jalan-jalan yang diperuntukkan untuk satu arah saja.

Itulah berbagai peraturan Jalanan di Jakarta yang perlu Anda perhatikan. Jadi, sudah siap untuk berkendara di Jakarta? Selamat berkendara!


EmoticonEmoticon