Alat Transportasi yang Mengikuti Perkembangan Jaman

Seiring dengan berkembangnya jaman dan teknologi dalam transportasi mengalami perubahan alat transportasi. Begitu juga di Indonesia, perubahan zaman membuat kendaraan umum di zaman dulu musnah dan tidak dipakai kali. Ada beberapa di antara kita yang pernah merasakan kendaraan yang sudah tidak beroperasi tersebut. Namun, ada juga yang belum pernah sama sekali seperti generasi muda saat ini. Bahasan kali ini berguna bagi Anda yang ingin tau dan ingin bernostalgia dengan mengenang lagi kendaraan umum unik yang tidak lagi digunakan di Indonesia. Berikut 2 kendaraan umum unik yang pernah beroperasi di zaman dulu di Indonesia.


Trem

Kendaraan yang satu ini mulai beroperasi di kala Jakarta masih dikenal dengan nama Batavia. Trem mulanya menggunakan tenaga kuda. Namun, di pergantian tahun penggunaan tenaga kuda pada trem diganti dengan tenaga uap yang mesinnya dibuat dengan bantuan sewa genset. Sehingga namanya pun berubaha menjadi trem uap. Hal tersebut terjadi pada tahun 1881. Kemudian, mengalami pergantian pada trem lagi dari menggunakan tenaga uap menjadi tenaga listrik. Hingga nama trem dikenal dengan trem listrik.

Bentuk penampakan trem yaitu seperti kereta yang tak bergandeng dan tak panjang. Operasi jenis kendaraan umum yang satu ini tidak intensif. Operasi kendaraan umu trem ini berhenti pada tahun 1960. Pada saat itu, presiden Soekarno lah yang menghentikan operasi trem. Beliau melakukannya karena menganggap trem tidak cocok berada di Jakarta.

Helicak

Layaknya becak biasa, penumpang bisa duduk di depan tepatnya di dalam kabin dengan kerangka besi dengan penutup yang terbuat dari serat kaca di bagian depan yang berfungsi untuk melindungi penumpang dari panas terik, hujan, dan debu jalanan. Sedangkan, pengemudi berada di bagian belakang. Kendaraan yang memang mirip dengan becak ini muat untuk 2 penumpang dewasa. Namun, sayangnya kendaraan yang berasar dari  skuter Lambretta asal Italia ini dilarang beroperasi lagi pada tahun 1987 lantaran jika terjadi kecelakaan penumpanglah yang akan menjadi korban terlebih dahulu. Selain itu, helicak tersingkirkan karena munculnya bajaj saat itu. Produksi masal bajaj memang tampak sangat cepat, dimungkinkan karena produsennya sudah membuka link http://sewatama.com/id/product/operations-and-maintenance/ untuk memberikan suplai listrik dalam produksinya.


EmoticonEmoticon