Mengulas Pengertian dan Fungsi Bedah Digestif yang Belum Banyak Diketahui

Dokter bedah merupakan dokter ahli spesialis penyakit tertentu yang akan mengobati keluhan pasiennya dengan berbagai metode seperti metode bedah dilengkapi obat-obatan khusus. Untuk dapat sampai di profesi ini, Anda harus menyelesaikan kuliah di fakultas kedokteran umum, kemudian menyelesaikan melanjutkan pendidikan sebagai dokter spesialis ilmu bedah. Ada banyak cabang ilmu bedah dalam dunia kedokteran, salah satunya yaitu bedah digestif. atau dokter yang khusus menangani masalah bedah di organ saluran cerna karena kondisi penyakit tertentu yang mengharuskan bedah sebagai solusi pengobatan terbaik.


Dalam menangani seorang pasien, umumnya dokter bedah memiliki tugas untuk merawat pasien mulai dari sebelum, selama proses dan setelah pembedahan dilakukan. Saat melakukan tindakan bedah, sudah pasti seorang dokter spesialis akan ditemani dan bekerja sama dengan dokter anastesi dan kru perawat didalam ruang operasi untuk menangani penyakit yang diderita pasien. Selain itu, beberapa tindakan yang umumnya di lakukan oleh seorang dokter bedah adalah sebagai berikut, antara lain:

·  Dokter bedah memiliki kewajiban untuk memberikan edukasi, waktu konsultasi dan informasi selengkap mungkin mengenai penyakit yang diderita baik secara langsung kepada pasiennya maupun kepada pihak keluarga pasien.

·  Dokter bedah biasanya juga akan melakukan diagnosa penyakit dari serangkaian pemeriksaan fisik yang telah dilakukan maupun dari pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan laboratorium atau radiologis dan masih banyak lagi.

· Dokter bedah juga memiliki kuasa untuk melakukan bedah emergency jika kondisi penyakit pasien sudah sangat darurat dan tidak ada jalan keluar selain hal tersebut.

Umumnya sebelum diperiksa oleh dokter bedah, pasien akan dihimbau oleh perawat agar melakukan serangkaian pemeriksaan medis terutama jika memiliki beberapa kebiasaan seperti tekanan darah tidak stabil, perokok aktif, alergi jenis obat tertentu maupun memiliki gangguan kesehatan lain di luar kasus yang sedang ditangani. Dokter bedah digestif akan memutuskan apakah dalam penanganan pengobatan pasien akan dibutuhkan tindakan operasi atau hanya cukup pengobatan biasa.

Untuk Anda maupun jika ada salah satu anggota keluarga yang saat ini sedang menjalani pengobatan tertentu dan harus melalui tindakan bedah, maka sebaiknya ajukan beberapa pertanyaan seperti berikut ini agar semua proses pengobatan berjalan lancar sesuai yang Anda inginkan, yaitu:

1. Hal utama yang perlu Anda tanyakan adalah mengenai bagaimana proses bedah akan dilakukan. Jawaban ini akan sangat penting bagi kesiapan fisik maupun psikis Anda nantinya.

2. Selanjutnya yang perlu Anda tanyakan adalah tipe sayatan seperti apa yang dibutuhkan oleh dokter bedah yang sedang menangani kasus penyakit Anda. Apakah cukup pada jenis sayatan kecil atau harus menggunakan tipe sayatan yang lebih besar.

3.  Kemudian umumnya seseorang yang akan menjalani proses operasi atau bedah diharuskan untuk berpuasa sebelumnya. Anda dapat menanyakan apakah perlu melakukan puasa tersebut atau dapat mengkonsumsi makanan seperti biasa.

4. Hal penting yang tidak boleh Anda lewatkan untuk ditanyakan pada dokter bedah adalah berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses penyembuhan penyakit Anda dan apa saja resiko yang dapat terjadi akibat operasi tersebut.

Umumnya tindakan operasi yang dilakukan oleh dokter bedah digestif akan meninggalkan luka di bagian tubuh tertentu. Anda juga sangat disarankan untuk menanyakan mengenai bagaimana perawatan luka pasca operasi tersebut dan apakah bisa hilang atau bekasnya akan permanen di tubuh Anda. Mengetahui secara detail langkah pengobatan yang akan diberikan pada Anda sangat penting untuk semakin membantu proses kelancaran penyembuhan.


EmoticonEmoticon