Seputar Permasalahan Haid Pada Remaja Putri


Penyebab haid tidak teratur pada remaja dapat disebabkan oleh beberapa hal diantaranya adalah usia remaja yang memang masih terbilang sangat belia, biasanya seorang remaja putri ketika memasuki usia 10 sampai dengan 12 tahun memang kondisi tubuhnya sedang berada dalam tahap beradaptasi dan mempersiapkan diri dengan hormon tubuh yang berubah setelah periode menstruasi yang pertama. Hal inilah yang menyebabkan haid tidak lancar. Penyebab lainnya adalah Kelainan Gigantisme, yaitu sebuah kondisi yang sering terjadi pada masa anak-anak ketika memasuki usia pertumbuhan sebagai akibat dari kelenjar pituitari yang menghasilkan hormon pertumbuhan yang berlebihan. Tanda kehamilan juga menjadi penyebab seorang remaja putri tidak lancar periode haid. Penyebab selanjutnya adalah Sindrom ovarium polikistik adalah kelainan yang sering terjadi pada perempuan subur termasuk pada masa remaja.

Masalah sindrom PCOS ini dapat memicu munculnya kista ovarium yang kemudian membuat haid tidak lancar. Penyebab periode haid tidak lancar selanjutnya adalah Endometriosis, yaitu suatu kondisi dimana sel-sel yang seharusnya melapisi bagian rahim mulai tumbuh pada beberapa organ lainnya seperti usus, rektum, ovarium, kandung kemih dan panggul. Selain permasalahan haid yang tidak lancar, penting bagi remaja putri untuk mengetahui dan menghitung siklus haid. Berikut cara menghitung siklus haid yang tepat dan akurat bagi Kamu yang mempunyai siklus haid tidak teratur. Sebenarnya untuk menghitung siklus haid yang tidak teratur memiliki rumus yang sama dengan mereka yang memiliki siklus haid yang teratur.

Patokannya tetap dengan menghitung rentang waktu antara hari pertama haid Anda bulan ini sampai satu hari sebelum menstruasi Anda selanjutnya. Yang membedakan adalah bagi kamu yang memiliki siklus haid yang tidak teratur dianjurkan untuk mencatat siklus haid minimal enam bulan berturut-turut kemudian carilah rata-ratanya. Nah, hasil yang kamu dapatkan inilah yang dapat kamu jadikan patokan siklus haid kamu untuk kedepannya. Mudah bukan! Untuk remaja putri tidak perlu lagi bingung dan galau dalam menentukan siklus haid. Jika terjadi permasalahan lain seputar haid, Kamu wajib berkonsultasi kepada yang lebih berpengalaman.


EmoticonEmoticon