Tips Praktis Millenial Melakukan Investasi

Apakah istilah investasi masih terbilang asing bagi Anda yang termasuk generasi milenial? Harus diakui, masih cukup banyak orang yang khawatir dengan investasi karena minimnya pengetahuan dan cara menyikapinya yang berlebihan. Padahal, kini instrumen investasi semakin berkembang menjadi lebih mudah dan lebih terjangkau misalnya investasi SBN.


Alasan Umum Orang Menunda Berinvestasi, Utamanya Milenial

Anda yang kini berada di usia produktif atau termasuk milenial termasuk sebagai golongan yang wajar jika memikirkan tentang investasi. Salah satu upaya mencapai finansial yang lebih baik ini dulunya hanya dimiliki oleh orang-orang berduit atau yang sudah benar-benar mapan. Nah, saat ini tren mulai bergeser dimana masyarakat dari kelas menengah pun sudah berani melirik.

Namun sayangnya, kemudahan yang dihadirkan pada investasi sepertinya belum cukup banyak menarik minat para profesional muda. Masih ada kecenderungan untuk memilih menabungkan uangnya atau membeli barang-barang yang juga bisa dijadikan aset. Lantas, bagaimana seharusnya menyikapi investasi?

Tentu saja diperlukan pengetahuan yang cukup untuk berain mengambil keputusan, utamanya yang berhubungan dengan uang. Tanpa informasi yang cukup, bisa saja uang yang harusnya diamankan justru hilang tak berbekas. Kemudahan mendapatkan informasi ditujang dengan hadirnya smartphone dan internet. Berbagai pengetahuan seputar investasi sejatinya bisa digali dan dikonsultasikan dengan pakar finansial dengan lebih mudah.

Beberapa alasan yang membuat orang enggan berinvestasi diantaranya;

Takut Rugi

Siapa yang tidak takut merugi? Risiko ini bisa dikatakan sebagai alasan yang paling banyak dimiliki orang untuk memilih menabungkan uangnya. Merugi memang menjadi resiko dalam hal investasi namun sejatinya bisa ditekan dengan pengetahuan dan informasi yang cukup sehingga baik keuntungan dan kerugian dapat diprediksikan.

Bingung Memilih Instrumen Investasi

Alasan yang sebenarnya juga bisa dihindari dengan informasi yang cukup ini juga cukup populer. Ada begitu banyak sumber informasi seputar investasi yang bisa diakses melalui HP. Pilihan populer untuk berinvestasi saat ini diantaranya reksa dana, deposito, dan yang sedang tren saat ini adalah investasi Surat Berharga Negara. 

Bagaimana Bersenang-Senang?

Siapa sih yang tidak suka bersenang-senang? Pastinya diantara Anda butuh yang namanya refreshing, jajan jalan-jalan untuk mengisi media sosial. Namun kembali lagi pada seberapa besar tingkat kesadaran tentang keamanan finansial. Anda masih bisa bersenang-senang sambil berinvestasi mengingat adanya pilihan instrumen yang lebih terjangkau mulai Rp 1 jutaan. Bahkan, acara senang-senang Anda bisa bjadi lebih tenang dengan adanya investasi.

Belum Punya Uang Lebih

Mungkin masih banyak milenial yang menganggap bahwa investasi itu hanya milik orang-orang mapan dengan banyak uang berlebih di rekenaniingnya. Padahal, perkembangan instrumen investasi sendiri sudah semakin pesat. Bahkan kini Anda sudah bisa memiliki investasi reksadana dengan nominal Rp 10.000 saja.

Prosesnya Ribet

Selama Anda memiliki niat dan hal yang dibutuhkan, maka proses kepemilikan investasi bisa Anda dapatkan dalam waktu yang singkat. Anda bisa menjajal aplikasi HP seperti tanamduit untuk mengetahui seperti apa mudahnya melakukan investasi kapanpun dimanapun.

Itulah beberapa kiat sederhana yang mungkin masih mengganjal niatan Anda untuk mengamankan masa depan keuangan Anda. Semakin mudah dan murah, apa lagi alasan Anda untuk menunda investasi? sumber : https://id.tanamduit.com/
Latest


EmoticonEmoticon